5 Cara Merawat Sepatu Kulit Agar Awet dan Nyaman saat Digunakan

Minggu, 6 Agustus 2023 – 12:50 WIB

Jakarta – Sepatu berbahan kulit asli tentu banyak disukai orang karena kesannya yang mewah dan elegan saat digunakan. Selain itu, sepatu kulit juga dikenal awet untuk jangka waktu lama, itu lah mengapa harganya relatif mahal.

Baca Juga :

Keren, Sepatu Kulit Bermotif Batik dengan Gaya Kekinian

Namun, jika tidak dirawat dengan baik, bahan kulit akan rentan rusak akibat paparan sinar matahari, percikan air hujan dan debu. Otomatis, jika sudah demikian kesan yang semula mewah dan elegan pun hilang.

Adapun, jika Anda dapat merawat sepatu kulit dengan baik, maka sepatu ini akan sangat awet digunakan, sehingga Anda dapat menghemat uang untuk membeli sepatu baru.

Baca Juga :

Beli Sepatu Kulit Dapat Garansi 90 Hari

Lantas bagaimana cara merawat sepatu kulit agar awet?

Jika Anda sudah memilih sepatu kulit yang disukai, maka penting untuk memahami apa saja tahap perawatan yang perlu dilakukan.Bberikut informasi selengkapnya dilansir dari beberapa sumber, Minggu, 6 Agustus 2023:

Baca Juga :

Benda Ini Penting untuk Bikin Awet Sepatu Kulit

1. Hindari memaki sepatu kulit saat hujan

Air hujan dapat menimbulkan bercak noda pada sepatu berbahan kulit asli. Selain itu, sol sepatu yang basah juga lebih rentan rusak terkena permukaan abrasif (kasar), seperti beton. Jika sepatu sudah terlanjur basah, hindari menjemurnya di bawah sinar matahari langsung.

2. Lap sepatu kulit setelah dipakai

Tahap berikut ini bertujuan agar tidak ada kotoran yang menempel pada sepatu. Caranya Anda hanya perlu lap sepatu kulit menggunakan kain setengah basah. Namun, jika sepatu terkena noda, gosok bagian yang kotor secara perlahan dengan campuran air dan cuka putih.

3. Gunakan skin conditioner

Untuk merekondisi bahan kulit sepatu agar tetap lembut dan kenyal, Anda dapat menggunakan conditioner kulit. Cukup oleskan conditioner kulit secara tipis dan merata secara rutin. Conditioner dapat mencegah bahan kulit retak, sehingga sepatu dapat tahan lama.

4. Simpan gunakan kantong sepatu

Setelah dua tahapan di atas dilakukan, Anda dapat memasukkan sepatu ke dalam kantong khusus. Umumnya kantong sepatu berbahan kain lembut diberikan saat Anda membeli sepatu kulit. Tujuan kantong ini diberikan untuk menyimpan sepatu agar terhindar dari sinar matahari dan debu.

5. Simpan di tempat kering

Terakhir Anda dapat menyimpan sepatu kulit di tempat yang memiliki suhu sejuk dan kering. Hindari menyimpan sepatu kulit di ruang terbuka yang terpapar sinar mataharari langsung, sebab hal ini akan membuat kulit pecah atau mengelupas.

Ilustrasi sepatu kulit.
Ibu Sujiati bergabung dengan PNM Mekaar membuka peluang usaha untuk korban PHK

Ibu Sujiati Ajak Puluhan Korban PHK Temukan Peluang Usaha dengan Gabung PNM Mekaar

Ibu Sujiati: Hidup tanpa penghasilan tetap saja sudah berat apalagi sampai kena PHK, tapi kita sebagai sesama perempuan bisa saling mendukung satu sama lain.

img_title

VIVA.co.id

18 Juli 2023



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *