Antisipasi Banjir di Ibu Kota, BPBD DKI Jakarta Bentuk Tim Reaksi Cepat

Selasa, 7 November 2023 – 10:37 WIB

Jakarta – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengantisipasi dampak musim hujan yang akan tiba di sejumlah wilayah Indonesia. 

Baca Juga :

Golkar: Pohon Beringin Tempat Berteduh, Diseruduk Juga Tahan

Salah satu caranya yaitu BPBD DKI telah membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) yang bertugas 24 jam di setiap kelurahan di Jakarta, untuk mengantisipasi banjir sesuai peringatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).
 
“Kami sudah punya TRC, jumlah personelnya 267 untuk menangani bencana banjir. Mereka piket 24 jam siap,” ujar Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji saat dihubungi, Selasa, 7 November 2023.

Isnawa mengatakan bahwa tim reaksi itu memiliki tanggung jawab untuk menangani bencana termasuk banjir. Selain itu juga melakukan edukasi dan mengevakuasi warga jika terjadi banjir di wilayah Jakarta serta melakukan penanganan dan pemantauan setelah bencana terjadi.

Baca Juga :

Viral Penampakan Ular Sanca saat Banjir Menggenang Jakarta

Pembentukan TRC juga bersinergi dan bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), BMKG, Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta, para wali kota/bupati maupun instansi terkait penanggulangan banjir dan bencana lainnya.

Baca Juga :

Kocak! Wajah Ridwan Kamil Versi AI Malah Mirip Bambang Tamvan

Selain itu, Isnawa juga mengaku pihaknya melakukan pengecekan sarana-prasarana yang meliputi tenda, perahu, pelampung cincin (ring buoys), jaket dan pelampung. Selanjutnya, melakukan apel siaga bencana dan simulasi pendirian tenda di 25 kelurahan rawan banjir serta beberapa kelurahan yang berpotensi rawan banjir.

“Sudah pasti kita kerja bersama. Seperti pompa stasioner dan pompa keliling untuk menyedot banjir itu pasti ada di Dinas SDA. Kalau BPBD khusus menangani pengungsi dan dukungan evakuasi,” katanya.

Baca Juga  IMF Peringatkan Afrika Tentang Kemungkinan Penurunan Ekonomi Akibat China

Isnawa mengimbau kepada masyarakat untuk bersiap siaga menghadapi potensi terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor dan angin kencang di lingkungan
masing-masing. Masyarakat dapat berperan serta melakukan upaya mitigasi secara mandiri di lingkungannya.

Sebagai informasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta telah menyebutkan 18 RT tergenang hingga pukul 15.00 WIB setelah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur beberapa wilayah Ibu Kota pada Sabtu, 4 November 2023.
 
“BPBD mencatat genangan yang semula terjadi di 54 RT, kini tinggal 18 RT atau 0,058 persen dari 30.772 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta,” kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji di Jakarta, Minggu, 5 November 2023.

Halaman Selanjutnya

Isnawa mengimbau kepada masyarakat untuk bersiap siaga menghadapi potensi terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor dan angin kencang di lingkunganmasing-masing. Masyarakat dapat berperan serta melakukan upaya mitigasi secara mandiri di lingkungannya.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *