Benarkah Airlangga Hartarto Tandatangani Kesepakatan Golkar Gabung Koalisi Perubahan?

Beredar kabar Partai Golkar bergabung dengan KPP untuk memperkuat posisi di Pemilu 2024.

Partai Golkar disebut memutuskan untuk bergabung dengan Koalisi Perubahan. Hal itu ditandai dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto menandatangani kesepakatan dengan Partai Nasdem, Partai Kesejahteraan Sosial atau PKS, dan Partai Demokrat.

Informasi ini beredar di kanal YouTube lewat akun bernama DUNIA POLITIK yang mengunggah video dengan judul “Selamat buat Anies !! ketum Golkar tandatangani surat kesepakatan dengan Nasdem,pks & Demokrat…”.

Foto thumbnail tampak Airlangga Hartarto tengah menandatangani semacam surat perjanjian, dan sebelah kiri tampak Surya Paloh berpelukan. Tulisan penyerta thumbnail ini “AKHIRNYA TERJADI ..!!! SELAMAT UNTUK ANIES GOLKAR TAKEN PIAGAM GABUNG KOALISI PERUBAHAN”.

Benarkah informasi yang beredar soal Golkar menjadi bagian dari koalisi itu?

CEK FAKTA

Tidak ada informasi mengenai kesepakatan untuk bergabung dengan Koalisi Perubahan yang ditandatangani Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto.

PENJELASAN

Turnbackhoax.id melakukan penelusuran dan hasilnya narasi dalam video hanya menjelaskan tentang tanggapan Partai Nasdem mengenai kedekatan dan wacana bergabungnya Partai Golkar dengan Koalisi Perubahan.

Dalam tayangan video, terdapat tangkapan layar artikel dari Sindonews berjudul “Golkar Gabung Koalisi Perubahan, Nasdem: Kekuatan Bertambah Besar”.  Setelah ditelusuri, tangkapan layar adalah hasil manipulasi.

Artikel asli yang diunggah berjudul “Wacana Golkar Gabung Koalisi Perubahan, Nasdem: Kekuatan Bertambah Besar”.

Artikel yang diunggah pada 30 Maret 2023 ini dibacakan narator dalam video.

Narasinya Ketua DPP Partai Nasdem, Taufik Basari menyambut baik kedekatan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan para elite dalam Koalisi Perubahan.

Dalam artikel itu ia diberitakan hadir di acara buka bersama yang diadakan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Namun Airlangga Hartarto tidak memastikan apakah buka bersama itu menjadi tanda bahwa Golkar bakal bergabung Koalisi Perubahan dan mendukung Anies Baswedan.

Baca Juga  FBI Bergabung untuk Selidiki Pembunuhan Capres Ekuador

Hingga saat ini, belum ada deklarasi resmi dari Partai Golkar mengenai keputusan untuk bergabung dengan salah satu koalisi yang telah ada. Dikutip dari Detik, Golkar masih bisa membuat poros baru asal menggandeng satu partai politik parlemen dengan minimal 30 kursi DPR RI mengingat kursi Golkar di Senayan adalah 85 kursi DPR RI.

KESIMPULAN

Video berjudul “Selamat buat Anies !! ketum Golkar tandatangani surat kesepakatan dengan Nasdem,pks & Demokrat…” adalah konten yang dimanipulasi atau manipulated content.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Metro Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Metro Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *