Benarkah Perjalanan Karier Thomas Doll Berakhir di Sini karena Menolak Berikan Pemainnya untuk AFF U-23 2023?

Pembuat video informasi salah ini menggunakan judul yang tidak masuk kaidah etika dan kebahasaan sekaligus.

Beredar kabar disinformasi bahwa karier Thomas Doll sebagai coach tim Persija Jakarta berakhir. Pasalnya ia menolak memberikan pemain andalannya untuk berlaga di kejuaraan AFF U-23 2023.

Kabar ini dibagikan di kanal YouTube oleh akun bernama Pencinta Bola Indonesia dalam bentuk video berjudul “AKHIR PERJALANAN THOMAS DOLL !! Pelatih Asing Numpang Makan Sok”an Tahan Pemain Masuk Timnas”.

Foto thumbnail adalah Thomas Doll mengenakan baju warna oranye didampingi polisi, serta ada beberapa pemain, dan Coach Shin Tae-yong. Kalimatnya, “UPDATE BERITA TIMNAS 4 KABAR TIMNAS INDONESIA TERBARU”.

Benarkah konten video yang memberikan pernyataan ini?

CEK FAKTA

Tidak ada pernyataan resmi dari Persija Jakarta sebagai pihak yang berhubungan langsung dengan Coach Thomas Doll tentang pemutusan hubungan kerja sehubungan ia tidak memberikan izin pemainnya masuk Timnas U-23. Juga tidak ada sumber kredibel lain tentang hal ini, sehingga informasi yang diberikan tidak benar.

PENJELASAN

Metro Suara.com menelusuri judul dan video, hasilnya:

* Judul “AKHIR PERJALANAN THOMAS DOLL !! Pelatih Asing Numpang Makan Sok”an Tahan Pemain Masuk Timnas” sangat mendayu-dayu dan tidak mengandung unsur sportivitas.
Fakta: tidak ada sumber valid memberikan informasi serupa informasi salah dari video ini, artinya dari judul sudah terbantahkan karena tidak berdasar fakta.
Logika: kalimat “Pelatih Asing Numpang Makan Sok”an Tahan Pemain Masuk Timnas” justru menggambarkan pembuat video yang numpang mengharapkan cuan lewat judul menyudutkan ini. Status pelatih dan pekerjaan yang disandang subjek–dalam hal ini Thomas Doll–tentu sudah diselaraskan kebutuhan tim dan memenuhi kriteria yang diminta, bukan persoalan numpang makan. Judul tidak etis dan tidak memenuhi kaidah jurnalistik.

Baca Juga  Ini Sosok Chevron Barracuda, Penerbang Tempur Super Tucano TNI AU yang Gugur di Pasuruan

* Foto Thomas Doll mengenakan kemeja warna oranye adalah editan. Juga tidak memenuhi kaidah etika dan nilai kredibel.

Hanya melihat judul dan foto thumbnail bisa dipastikan video berjudul “AKHIR PERJALANAN THOMAS DOLL !! Pelatih Asing Numpang Makan Sok”an Tahan Pemain Masuk Timnas” bisa dipastikan video memiliki konten yang menyesatkan atau misleading content.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *