Beredar Kabar Tidak Valid Soal Coach Timnas U-17 Bima Sakti Digantikan Frank Wormuth, Simak Penjelasan Ketua Umum PSSI Erick Thohir

Penggemar bola ingin tahu posisi Bima Sakti sebagai coach Timnas U-17 yang kalah lawan Barca Junior.

Beberapa video tidak kredibel atau tidak valid bermunculan di kanal YouTube serta media sosial Facebook. Memberikan narasi bahwa peran coach Timnas U-17 Bima Sakti akan digantikan Frank Wormuth.

Lengkap dengan kalimat menohok, antara lain “miskin strategi”, “mengakui kesalahan dan mundur sebagai pelatih”, dan seterusnya. Usah terkecoh, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir memberikan penjelasan langsung.

Dikutip dari kanal News Suara.com, Timnas Indonesia U-17 atau Garuda United U-17 berlaga melawan Barcelona Juvenil A di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Rabu (2/8/2023) malam  dengan skor 3-0 untuk kemenangan lawan.

Meski demikian, dengan kekalahan Garuda United U-17 kontra Barca Junior, posisi Bima Sakti sebagai pelatih Timnas Indonesia U-17 dipastikan tidak digantikan Frank Wormuth.

“Untuk Coach Frank (Wormuth), kemarin saya sudah makan siang dengan beliau dan Indra Sjafri. Tadi pagi saya dapat laporan sudah mendarat di Bali. Ia sudah menyepakati job description,” demikian penjelasan Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalam konferensi pers di Media Center Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu (2/8/2023).

Lantas diberikan contoh detailnya, “Misalkan gini, bahwa saya ini menjadi pendukung pelatih. Kalau pelatih ini ada di depan, saya ada di belakang. Ia mereview masukan-masukan yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan atau yang ia lihat dalam kondisi pemainnya. Tapi dia tidak akan turun, ketemu pemain dan melatih pemain karena overlapping. Kalaupun dia harus memperbaiki sistem yang ada, dia akan mencontohkan dari pemain lain, bukan pemain yang sedang main di situ.”

“Frank Wormuth akan satu bulan di Indonesia, mendukung tim terutama di kepelatihan, sebelum nanti sama-sama berangkat ke Jerman dan saat Piala Dunia di sini,” lanjut Erick Thohir.

Baca Juga  Tampil Gaya dengan Busana Sederhana Karya Jenahara dan JENNA&KAIA

Artinya, Frank Wormuth didatangkan PSSI dari Jerman dengan tujuan menjadi pendamping Bima Sakti dalam persiapan Piala Dunia U-17 2023. Untuk sementara dikontrak empat bulan, sebelum diproyeksikan menjadi direktur teknik (dirtek) PSSI.

Ketua Umum PSSI juga tidak meragukan kapasitas Frank Wormuth dalam membina para pemain muda, mengingat statusnya sebagai mantan instruktur Pelatih Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) dan juru taktik Jerman U-20.

Salah satu berita tidak kredibel seputar coach Timnas U-17 Bima Sakti tentang perannya yang akan digantikan dan disebutkan membuat Ketua Umum PSSI marah [[screenshot]]
Salah satu berita tidak kredibel seputar coach Timnas U-17 Bima Sakti tentang perannya yang akan digantikan dan disebutkan membuat Ketua Umum PSSI marah (sumber: [screenshot])

“Ini sesuatu yang saya rasa luar biasa dari coach Frank karena ia 10 tahun sebagai instruktur pelatih di Jerman. Sangat tahu hak dan kewajiban. Juga tahu membina pemain muda karena dia pernah jadi pelatih U-20 Jerman dan tentu untuk seniornya dia di klub,” lanjut Erick Thohir.

Baca Juga:Kejadian Penderaan Seksual atas Putri Pinkan Mambo Mengingatkan Melaney Ricardo: Tidak Mudah Jadi Ibu

Frank Wormuth dijadwalkan mendampingi Timnas Indonesia U-17 selama satu bulan, termasuk ketika tim yang menggunakan nama Garuda United selama tanding dalam laga uji coba menghadapi Barcelona Juvenil A, tim muda Kashima Antlers, serta Korea Selatan U-17.

Setelah itu, Timnas Indonesia U-17 akan berangkat ke Jerman pada September 2023.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *