Demi Standar FIFA, Jakpro Siapkan Tempat Pembibitan Rumput untuk JIS Jelang Piala Dunia U-17

Badan Usaha Milik Daerah DKI Jakarta, PT Jakarta Propertindo atau Jakpro menyiapkan tempat pembibitan rumput untuk lapangan Jakarta International Stadium (JIS) menjelang pertandingan sepak bola Piala Dunia U-17.

Direktur Utama Jakpro Iwan Takwin menuturkan pembibitan itu menggunakan lahan di Jakarta Utara. Nantinya, rumput hasil pembibitan dapat digunakan sebagai rumput cadangan pada pertandingan frekuensi tinggi seperti turnamen berkelas internasional.

“Kita harus siap pembibitan karena ini kan pertandingan frekuensinya tinggi, jadi jika tiba-tiba rumput mati harus semua bisa ditempatkan kembali,” kata on Iwan Takwin saat ditemui di Jakarta, Rabu (9/8/2023).

Dia menyatakan proses pergantian rumput akan dilakukan secara bertahap dengan memperhatikan faktor udara, sirkulasi angin, hingga sinar matahari yang masuk.

Baca Juga:Pemprov Jakarta Akan Perbaiki Rumput Stadion JIS demi Piala Dunia U-17

Tentunya, lanjut dia, proses ini menyesuaikan standar FIFA yang akan terus melakukan observasi hingga rumput bisa terbilang sempurna.

“Iya, diteliti apa yang menyebabkan dia seperti itu supaya begitu disempurnakan tidak berulang lagi,” ujarnya.

Ditargetkan penyempurnaan rumput Stadion JIS bisa selesai pada Oktober 2023. Piala Dunia U-17 2023 akan berlangsung di Indonesia pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Sebelumnya Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan perbaikan atau renovasi rumput Stadion JIS jelang sepak bola Piala Dunia U-17 menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Sudah dijelaskan oleh Pak Menteri di dalam, rumput itu DKI (yang merenovasi) termasuk juga luar di jalan akses dari timur ke barat,” kata Heru di gedung Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Rabu.

Baca Juga:Legenda Persija Kritik Polemik JIS, Sarankan Ganti Nama

Heru menyebut, tidak hanya rumput saja yang menjadi tanggung jawab Pemprov DKI, tetapi juga perbaikan akses masuk JIS dari sisi Timur ke Barat melintasi Danau Cincin.

Baca Juga  Saat Saya Jumpa dengan Massa Rakyat, Saya Mendapat Tenaga Baru

Selain itu, Heru menyebut rumput JIS direnovasi Pemprov DKI Jakarta karena berdirinya stadion itu juga seluruhnya dikerjakan oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

“JIS itu dilakukan oleh Jakpro. Salah satunya adalah masih beban tanggung jawab kontraktor yang lama. Orang tinggal 93 hari lagi, besok sudah tinggal 92 hari,” ucap Heru.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat berbagi tugas dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait penyiapan dan peningkatan akses eksternal Stadion JIS sebagai arena utama Piala Dunia U-17. [Antara]

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *