Dipakai Jokowi di HUT RI 78, Ini Makna Baju Adat Ageman Songkok Singkepan Ageng

Kamis, 17 Agustus 2023 – 10:28 WIB

JAKARTA – Presiden Jokowi kembali memakai pakaian adat seperti tahun-tahun sebelumnya dalam upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 pada Kamis, 17 Agustus 2023. Kali ini, Presiden Jokowi tampil berwibawa dengan memakai baju adat Ageman Songkok Singkepan Ageng.

Baca Juga :

Hampir 10 Tahun Jokowi Memimpin, RI Dinilai Punya Pijakkan Kuat Jadi Negara Maju

Hadir di Istana Merdeka, Jokowi tampak menyapa para tamu undangan yang hadir untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-78. Saat memasuki Istana Negara, Jokowi terlihat memakai pakaian bernuansa gelap berwarna hitam dan putih disertai bubuhan warna keemasan. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Jokowi terlihat memakai kemeja berwarna putih ditumpuk dengan jas hitam. Bagian pinggangnya mengenakan kain batik dua warna yaitu merah dan cokelat, yang juga menumpuk bagian celana panjang hitamnya. Serta, nampak aksesori kepala berwarna hitam dengan bentuk yang unik.

Baca Juga :

Lomba Balap Karung Makan Korban, Emak-emak di Jambi Meninggal Dunia

Jokowi juga nampak mengalungkan selendang berwarna emas yang senada dengan disampirkan dari bahu kiri ke arah pinggang kanan. Sejumlah aksesori berwarna emas juga turut disampirkan di bagian jas hitamnya. Pakaian adat Ageman Songkok Singkepan Ageng ternyata memiliki makna mendalam.

Baca Juga :

Nelayan Aceh Tidak Melaut Setiap 17 Agustus untuk Memperingati Hari Kemerdekaan

Berdasarkan keterangan resmi, pakaian Ageman ini biasanya dipakai para Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Eggar soho Tedhak Loji. Hal itu merepresentasikan Raja keluar dari Keraton dengan menaiki kereta kuda, biasanya empat kereta kuda, diikuti dengan perangkat keraton untuk terjun langsung melihat kondisi kawulo atau masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, di sepanjang jalan Sang Raja membagikan uang dan makanan sebagai rasa cinta kasih kepada kawulonya atau bisa disebut dengan turuba atau turun ke bawah. Hal itu pun seolah bermakna bahwa Jokowi yang hadir di Istana Negara sedang membagikan cinta kasih pada masyarakat yang menantikan HUT Perayaan Kemerdekaan RI ke-78.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *