Firli Bahuri Bakal Langsung Ditahan Jika Kalah Praperadilan? Ini Kata Polda Metro

Senin, 18 Desember 2023 – 17:05 WIB

Jakarta – Gugatan praperadilan Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri terkait penetapan status tersangka dirinya dalam kasus pemerasan eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menyisakan tahapan putusan yang akan dibacakan Selasa, 19 Desember 2023.

Baca Juga :

Eddy Hiariej Diumumkan Tersangka Sebelum Sprindik, Pengacara: Tindakan Sewenang-wenang Penguasa

Apakah Firli langsung ditahan jika kalah dalam sidang gugatan?

Mengenai hal itu, Kabidkum Polda Metro Jaya Kombes Pol Putu Putera enggan memberikan jawaban pasti. Kata dia, penahanan merupakan otoritas dari penyidik.

Baca Juga :

Polda Metro Yakin Menang Gugatan Lawan Firli Bahuri, Ungkap Punya 4 Bukti Penetapan Tersangka

“Itu domainnya Ditreskrimsus, kami tidak mau ke ranah tersebut dan itu merupakan sebuah kewenangan dan otoritas penyidik,” kata Putu kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Senin, 18 Desember 2023.

Suasana sidang praperadilan Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri di PN Jaksel

Baca Juga :

Eks Wamenkumham Eddy Hiariej Minta Status Tersangkanya di KPK Dibatalkan

Di sisi lain, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto juga enggan bicara lebih jauh mengenai penahanan Firli Bahuri. Dia mengatakan masih menunggu hasil gugatan praperadilan yang diajukan Firli di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. 

“Setelah Selasa, Mas. Nanti-nanti,” kata Karyoto kepada wartawan.

Sebelumnya diberitakan, Pengacara ketua nonaktif KPK Firli Bahuri, Ian Iskandar meminta kepada hakim tunggal untuk menggagalkan status tersangka kliennya, dalam dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo (SYL). 

Adapun permintaan tersebut dilakukan pengacara ketika menggelar sidang gugatan praperadilan di PN Jakarta Selatan pada Senin 11 Desember 2023.

“Menyatakan penetapan tersangka terhadap pemohon tidak sah dan batal demi hukum,” ujar pengacara Firli di ruang sidang.

Baca Juga  Jadwal Live dan Prediksi Dewa United vs PSIS Semarang di Pekan Ke-8 Liga 1 Senin Sore 14 Agustus 2023.

Sejauh ini, belum diketahui secara pasti berapa nilai pemerasan yang dilakukan Firli Bahuri terhadap Syahrul Yasin Limpo hingga akhirnya menjadi tersangka di Polda Metro Jaya.

Halaman Selanjutnya

Sebelumnya diberitakan, Pengacara ketua nonaktif KPK Firli Bahuri, Ian Iskandar meminta kepada hakim tunggal untuk menggagalkan status tersangka kliennya, dalam dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo (SYL). 

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *