Gelar Batik Nusantara 2023, Bangkitkan Batik di Masa Pasca-Pandemi

Jumat, 28 Juli 2023 – 08:39 WIB

JAKARTA – Setelah hiatus tiga tahun akibat dampak pandemi COVID-19, Yayasan Batik Indonesia (YBI) akan kembali mengadakan acara besar tahunan mereka, Gelar Batik Nusantara 2023 (GBN 2023). Acara yang merupakan kebangkitan industri batik ini akan berlangsung di SPARK Senayan, Jakarta Pusat, mulai 2 hingga 6 Agustus 2023.

Baca Juga :

Prabowo ke Solo Ketemu Gibran, Relawan Jokowi Tangkap Maknanya: Buka Jalan Generasi Milenial

Dengan mengusung tema Batik, Bangkit!, GBN 2023 akan menjadi platform untuk memperkenalkan inovasi dalam industri batik. Scroll lebih lanjut ya.

“Acara kali ini akan memamerkan inspirasi batik dalam konteks interior rumah atau home living, menjadi hal yang membedakan GBN 2023 dari acara-acara sebelumnya,” ungkap Diana Santosa, Ketua Pelaksana GBN 2023, dalam konferensi pers yang digelar baru-baru ini.

Baca Juga :

Badan Karantina Indonesia Bakal Bikin Indonesia Makin Diperhitungkan di Dunia, Ini Alasannya

GBN 2023 juga akan menampilkan batik tulis Complongan Indramayu, jenis batik yang telah mendapatkan pengakuan Indikasi Geografis. Menurut Diana, batik ini merepresentasikan seni dan keahlian budaya yang telah turun-temurun di wilayah Indramayu, Jawa Barat. 

Baca Juga :

Zonasi PPDB Bakal Dievaluasi, Kemenko PMK: Seleksi Umur Paling Aman

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan untuk membuka GBN 2023, sebagai bentuk dukungan Pemerintah terhadap upaya Yayasan Batik Indonesia (YBI) dalam melestarikan Batik Indonesia. Pameran ini terbuka untuk umum dan akan menampilkan lebih dari 250 booth UMKM Batik Indonesia dan juga kuliner Nusantara.

Beberapa program menarik lainnya yang akan disajikan dalam acara ini antara lain talk show seputar batik, kompetisi batik, sesi high tea, dan fashion show oleh enam desainer ternama Indonesia, yaitu Didi Budiarjo, Chossy Latu, Wilson William, Hutama Adi, Priyo Octaviano, dan Ghea Panggabean. Mereka akan menampilkan karya-karya batik mereka, dengan fokus pada Batik Indramayu.

img_title



Quoted From Many Source

Baca Juga  KPU Sumatera Utara Perpanjang Jadwal Rekapitulasi Tingkat Provinsi, Ini Penyebabnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *