Helikopter Super Cougar AL Brasil Jatuh, 2 Pilot Tewas dan 6 Lainnya Terluka

TEMPO.CO, Jakarta – Helikopter UH-15 Super Cougar milik Angkatan Laut Brasil mengalami kecelakaan saat menjalani latihan militer, Selasa petang waktu setempat.

Kantor berita Rusia, Sputnik melaporkan insiden helikopter jatuh ini menyebabkan dua pilot tewas.

“Dengan duka mendalam, kami mengabarkan bahwa dua prajurit telah tewas dalam kecelakaan yang melibatkan kendaraan udara Angkatan Laut Brasil,” demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Brasil pada Rabu 9 Agustus 2023.

Kementerian itu menambahkan, penyebab kecelakaan masih diselidiki. Sementara portal berita Brasil, G1, melaporkan bahwa enam orang juga terluka dalam kecelakaan itu.

Media berbahasa Portugis, O Globo melaporkan, helikopter itu jatuh di Formosa, di pedalaman Negara Bagian Goiás. Para korban luka kini telah dirawat di rumah sakit. Dua korban luka dilaporkan dalam kondisi kritis di Rumah Sakit de las Fuerzas Armadas.

Kecelakaan tersebut terjadi sekitar di daerah militer Formosa, kota madya Goiás sekitar 60 kilometer dari Brasília. Kecelakaan melibatkan UH-15 Super Cougar dari Skuadron Helikopter Tugas Umum Kedua, kata Angkatan Laut dalam sebuah penyataan.

Iklan

Helikopter membawa 14 anggota awak saat insiden terjadi. Saat itu, helikopter sedang berpartisipasi dalam latihan di mana Angkatan Laut mensimulasikan operasi penyelamatan untuk menangani insiden serius yang disebabkan oleh tumpahan dari kapal tanker minyak di laut.

Menurut Angkatan Laut Brasil, UH-15 Super Cougar adalah helikopter multi-misi yang digunakan dalam tugas-tugas untuk mendukung operasi khusus, operasi darat yang bersifat kelautan. Heli ini juga digunakan dalam proses evakuasi aeromedis, pencarian dan penyelamatan (SAR), transportasi logistik udara, serta pemadam kebakaran.

Unit pertama helikopter ini diterima Angkatan Laut Brasil pada 11 April 2011 di Pangkalan Angkatan Laut di Rio de Janeiro. Selanjutnya, dua pesawat lainnya kembali diterima militer Brasil.

Baca Juga  Rendy Wakili Indonesia di Turnamen Golf MercedesTrophy 2023 di Jerman

Pilihan Editor: 4 Bocah Kolombia Selamat dari Kecelakaan Pesawat, 40 Hari Tersesat di Amazon

SPUTNIK



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *