Indonesia vs Malaysia di Piala AFF U-23: Timnas Garuda Dipermalukan di Laga Pertama

Timnas Indonesia kalah dari Malaysia di pertandingan pertama babak penyisihan Grup B turnamen Piala AFF U-23 yang digelar di Stadion Rayong Provincial, Rayong, Thailand, Jumat (18/8/2023).

Laga Indonesia vs Malaysia itu berakhir dengan skor 1-2 untuk Harimau Malaya, meski Timnas Garuda sempat unggul lebih dulu di babak pertama.

Akibat kekalahan itu, Timnas Indonesia U-23 diprediksi lebih sukar lolos ke babak atau fase gugur Piala AFF U-23 karena hanya menyisakan satu pertandingan lagi, yakni melawan Timor Leste pada akhir pekan nanti.

Jalannya pertandingan

Baca Juga:Susunan Pemain Indonesia vs Malaysia di Piala AFF U-23: Ramadhan Sananta Tumpuan di Depan

Indonesia sempat unggul terlebih dahulu melalui gol Ramadhan Sananta di babak pertama. Striker Persis Solo itu membawa Timnas unggul di menit 29 lewat sebuah sontekan tajam dari dalam kotak penalti.

Sejumlah peluang juga diperoleh Indonesia – yang memang bermain lebih bagus di babak pertama. Tetapi sayang tak ada yang berbuah gol.

Di babak kedua, Malaysia bangkit dan tampil lebih berani. Alhasil pada menit 54, Fergus Tierney berhasil menyamakan kedudukan lewat eksekusi penalti.

Malaysia diberi hadiah penalti setelah Tierney dijatuhkan oleh bek Kadek Arel di dalam kotak penalti.

Di menit 62, Malaysia kembali mencetak gol lewat kaki Tirney. Gol yang membalikan keadaan itu dicetak setelah Tierney memanfaatkan kemelut di dalam kotak penalti Indonesia.

Baca Juga:Link Live Streaming Indonesia vs Malaysia di Piala AFF-U23

Di sisa babak kedua, Indonesia berkali-kali menggempur Malaysia. Sayang, semua upaya Indonesia itu berhasil dihalau oleh barisan pertahanan Malaysia. 

Skor 1-2 untuk Malaysia tak berubah hingga pertandingan berakhir di menit 98.

Baca Juga  20 Penumpang Luka-luka Imbas Kecelakaan Kereta di Kulon Progo

Selanjutnya Indonesia akan memainkan partai penentuan menghadapi Timor Leste pada pertandingan kedua Grup B Piala AFF U-23 di Stadion Rayong Provincial, Rayong, Thailand, Minggu (20/8/2023).

Di atas kertas peluang Indonesia di Grup B – yang hanya berisi tiga negara – lebih kecil untuk lolos ke fase gugur. Alasannya karena hanya juara grup yang dipastikan langsung lolos ke babak semifinal. Di atas kertas Malaysia akan menang mudah atas Timor Leste yang termasuk peserta non-unggulan. 

Jika ingin lolos ke semifinal, Indonesia harus keluar sebagai runner-up terbaik di seluruh turnamen. 

Babak Piala AFF U-23 sendiri diikuti oleh 10 negara, dengan pembagian 4 negara di Grup A dan masing-masing 3 negara di Grup B dan C. Juara tiap grup akan otomatis lolos ke semifinal. Sementara satu tempat di semifinal akan diisi oleh runner up terbaik, yang diseleksi dari runner up di setiap grup.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *