Ini Sosok Chevron Barracuda, Penerbang Tempur Super Tucano TNI AU yang Gugur di Pasuruan

Kamis, 16 November 2023 – 20:53 WIB

Jakarta – Innalillahi waa innailaihi rajiun… kabar duka telah menyelimuti prajurit penjaga langit nusantara.

Baca Juga :

4 Jenazah Prajurit TNI AU Penerbang Super Tucano Ditemukan 

Dua pesawat latih tempur EMB 314 Super Tucano dengan Tail Number atau nomor ekor TT-3103 dan TT-3111 milik TNI AU mengalami kecelakaan dan jatuh pada saat melaksanakan latihan rutin di sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Pasuruan, Jawa Timur, Kamis siang, 16 November 2023.

Salah satu Perwira Menengah (Pamen) TNI Angkatan udara yang gugur dalam insiden kecelakaan pesawat latih tempur Super Tucano milik TNI AU adalah Komandan Skadron Udara 21 Wing 2 Lanud Abdulrahman Saleh Letkol Pnb Sandhra “Chevron Barracuda” Gunawan.

Baca Juga :

Perang di Gaza Berkecamuk, Prabowo: Pemerintah Tidak Akan Tarik Pasukan Perdamaian TNI dari Lebanon

Pesawat Super Tucano dengan Tail Number atau nomor ekor TT-3111 yang diterbangkan Letkol Pnb Sandhra Gunawan bersama Kolonel Adm Widiono mengalami insiden pada saat melakukan latihan formasi bersama pesawat kedua, Super Tucano dengan Tail Number atau nomor ekor TT-3103 yang dipiloti oleh Mayor Pnb Yuda A. Seta dan Kolonel Pnb Subhan (Backsitter).

Pesawat Tempur Super Tucano Tiba di Jakarta

Photo :

  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

Baca Juga :

Pesawat Super Tucano Jatuh di Pasuruan Sedang Latihan Formasi, TNI AU Ungkap Kronologinya

“Kedua pesawat tersebut lost contact pada pukul 11.18 dan diperkirakan mengalami accident (kecelakaan),” kata Kadispenau Marsma TNI R. Agung Sasongkojati, Kamis, 16 November 2023.

Untuk diketahui, Letkol Pnb Sandhra “Chevron Barracuda” Gunawan adalah salah satu Pamen TNI AU yang memiliki jam terbang yang sangat luar biasa di Skadron Udara 21 Wing 2 Lanud Abdulrahman Saleh.

Baca Juga  WNI di Jeddah Arab Saudi Mencoblos Pemilu 2024 Sore Ini

Dia tercatat sebagai salah satu penerbang pesawat latih tempur TNI AU yang sudah memiliki jam terbang lebih dari 1000 jam terbang.

Pencapaian 1000 jam terbang dengan pesawat tempur EMB 314 Super Tucano diraih pria yang memiliki call sign “Chevron Barracuda” pada tahun 2019 lalu ketika dirinya masih menyandang pangkat Mayor di area terbang Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Tidak hanya itu, Perwira Alumnus Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 2004 itu juga memiliki karir pendidikan yang sangat cemerlang. Dia tercatat sebagai salah satu Perwira lulusan terbaik Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau) Lembang, Bandung.

Tidak hanya itu, Letkol Pnb Sandhra “Chevron Barracuda” Gunawan tidak hanya pengalaman dalam menerbangkan Pesawat latih tempur EMB Super Tucano saja, dari informasi yang dihimpun VIVA Militer, ternyata almarhum Letkol Pnb Sandhra juga pernah menerbangkan beberapa pesawat. Diantaranya adalah pesawat OV-10 F Bronco sampai dengan tahun 2007, setelah OV-10 mengakhiri purna tugas, beliau melanjutkan tugas dan mengawaki pesawat Cassa 212 dan pesawat Hercules C-130.

Halaman Selanjutnya

Dia tercatat sebagai salah satu penerbang pesawat latih tempur TNI AU yang sudah memiliki jam terbang lebih dari 1000 jam terbang.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *