Itu Suara Publik yang Sejati

Senin, 20 November 2023 – 08:13 WIB

Jakarta – Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, Aiman Witjaksono, mengaku puas dengan hasil survei terkini Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) yang menunjukkan dominasi Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Baca Juga :

Terpopuler: Sikap Tegas Joe Biden soal Status Gaza, Curhat Rocky Gerung Ditersangkakan PDIP

Berdasarkan hasil survei LPI yang dipublikasikan pada Kamis, 16 November 2023, elektabilitas Ganjar-Mahfud MD naik menjadi 38,75 persen. Pasangan nomor urut 3 ini lebih baik dibandingkan elektabilitas pasangan nomor urut 2 Prabowo-Gibran sebesar 34,25 persen. 

Sedangkan pasangan nomor urut 1 Anies-Muhaimin menempati posisi ketiga dengan perolehan suara 24 persen, dengan 3 persen peserta menyatakan ragu atau tidak menjawab.

Baca Juga :

Jusuf Kalla Bocorkan Isi Pertemuan dengan Ganjar Pranowo

“Kami yakin TPN Ganjar-Mahfud bahwa itu adalah suara publik yang sejati, muncul dari hati nurani terdalam untuk Indonesia dan demokrasi,” kata Aiman saat kepada wartawan, Senin, 20 November 2023.

Ganjar Pranowo-Mahfud MD Daftar Capres-Cawapres di KPU

Baca Juga :

Anies-Muhaimin Bantah Komunikasi dengan Hasto Soal Ada Indikasi Tekanan, Ini Kata Ganjar

Aiman menegaskan, TPN Ganjar-Mahfud tetap mengutamakan suasana bahagia dan persaudaraan menjelang Pilpres 2024. Untuk itu, ia mengajak semua pihak untuk terlibat dalam politik konstruktif pada Pilpres 2024.

“Politik harus riang gembira, damai, dan kita harus mendukung hal tersebut, tetapi tetap menjunjung tinggi etika politik dan menjaga integritas demokrasi,” kata Aiman

Adapun survei LPI menggunakan teknik pengambilan sampel multistage random sampling. Dalam metode ini subjek yang diambil oleh peneliti sebagai sampel adalah populasi penelitian yang besar dan berasal dari 18 provinsi di Indonesia.

Baca Juga  BaggyJeans2ndWin viral video tiktok

Berdasarkan teknik sampling tersebut, jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 1.300 responden dengan margin of error dari ukuran sampel tersebut sebesar ±2,83 pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya

Adapun survei LPI menggunakan teknik pengambilan sampel multistage random sampling. Dalam metode ini subjek yang diambil oleh peneliti sebagai sampel adalah populasi penelitian yang besar dan berasal dari 18 provinsi di Indonesia.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *