Kapolri Jawab Begini saat Ditanya Apakah Firli Bahuri yang Peras Eks Mentan SYL

Selasa, 17 Oktober 2023 – 12:19 WIB

Jakarta – Sosok pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diduga memeras eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) belum juga diungkap polisi hingga saat ini.

Baca Juga :

Kapolri Minta Anak Buah Petakan Lokasi Rawan dan Teroris Amankan Pemilu

Tapi, Ketua KPK Firli Bahuri adalah sosok yang diduga. Terkait hal ini, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo tidak membenarkan namun tidak juga membantahnya. Dia menyebut hal itu sangat teknis.

“Iya itu sangat teknis, yang jelas dilaksanakan cermat profesional tidak arogan. Kami membuka ruang agar ini bisa diawasi, bisa disupervisi, baik oleh KPK ataupun dari unsur eksternal lainnya,” ujar dia kepada wartawan, Selasa 17 Oktober 2023.

Baca Juga :

Cek Rp 2 Triliun Temuan KPK Palsu, Febri Diansyah: Pak Syahrul Simpan karena Unik

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Ketua KPK Firli Bahuri

Mantan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri itu mengatakan, yang jelas karena kasus tersebut sudah menjadi perhatian publik, dirinya telah memerintahkan agar prosesnya betul-betul ditangani secara profesional. Listyo mau penanganannya harus cermat, hati-hati, dan profesional karena dipertanggungjawabkan ke publik.

Baca Juga :

Saut Situmorang Diperiksa Sebagai Ahli Kasus Pemerasan Pimpinan KPK ke Eks Mentan SYL

“Oleh karena itu, pada setiap tahapannya, dampingi. Bareskrim, Propam saya minta turun. Sehingga, setiap tahapan yang berjalan itu betul-betul profesional. Itu yang tentunya saya minta sehingga semunya bisa dipertanggungjawabkan,” kata dia lagi.

Untuk diketahui, Polda Metro Jaya menaikkan status kasus dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam penanganan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2021 ke penyidikan.

“Selanjutnya direkomendasikan untuk dinaikkan status dari penyelidikan ke tahap penyidikan,” ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Sabtu 7 Oktober 2023.

Bantahan Firli Bahuri

Dugaan pimpinan KPK yang melakukan pemerasan terhadap SYL dispekulasikan mengarah ke Firli Bahuri. Apalagi sempat beredar foto Firli dengan SYL di sebuah lapangan bulu tangkis.

Firli pun menjelaskan beredarnya foto pertemuan dirinya dengan SYL yang membuat publik geger. Foto tersebut beredar, setelah KPK menyelidiki kasus dugaan korupsi di Kementan era SYL.

Sementara, ada upaya laporan dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK di Polda Metro Jaya. Adapun SYL sudah diperiksa Polda Metro Jaya, beberapa hari lalu.

Firli Bahuri Terseret Dugaan Pemerasan Syahrul Yasin Limpo

Firli Bahuri Terseret Dugaan Pemerasan Syahrul Yasin Limpo

Firli jelaskan, kalau pertemuan tersebut dilakukan sebelum dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) terjadi. Dia menyebut, pertemuan itu dilakukan pada Maret 2022, setahun lalu.

“Pertemuan di lapangan bulutangkis antara saya dengan Menteri Pertanian saat itu, saudara Syahrul Yasin Limpo, terjadi sebelum periode tersebut, tepatnya yaitu sekitar pada tanggal 2 Maret 2022. Dan itupun beramai-ramai di tempat terbuka,” ujar Firli dalam keterangannya, Senin 9 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya

“Selanjutnya direkomendasikan untuk dinaikkan status dari penyelidikan ke tahap penyidikan,” ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Sabtu 7 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *