Kebotakan di Usia Muda Bikin Insecure? Ini 8 Cara Mencegahnya

Sabtu, 29 Juli 2023 – 08:12 WIB

VIVA Lifestyle – Kebotakan muda, atau alopecia pada usia muda, menjadi salah satu masalah yang signifikan bagi banyak individu, apalagi rambut bisa sangat berpengaruh pada penampilan.

Baca Juga :

Niat Ingin Bersantai Sejenak, Rambut Seorang Wanita di China Tergulung di Kursi Pijat

Meskipun alopecia umumnya terkait dengan penuaan, kenyataannya adalah bahwa semakin banyak orang muda yang mengalami kebotakan pada tahap awal hidup mereka. Fenomena ini menimbulkan perhatian serius di kalangan masyarakat, terutama karena kebotakan dapat berdampak pada kepercayaan diri, kualitas hidup, dan kesehatan mental seseorang.

Alopecia pada usia muda dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk faktor genetik, pola hidup yang tidak sehat, dan tekanan lingkungan. Masalah ini dapat mempengaruhi baik pria maupun wanita, walaupun lebih umum terjadi pada kaum pria. Penyebab utama kebotakan pada usia muda adalah keturunan dan pola alopecia androgenetika.

Baca Juga :

Kumis Tebal pada Wanita, Pesona dan Penyebab di Balik Fenomena Tak Biasa

Kebotakan.

Ketika datang ke alopecia androgenetika, folikel rambut menjadi sensitif terhadap hormon dihidrotestosteron (DHT). Proses ini menyebabkan penipisan rambut secara bertahap, yang akhirnya dapat menyebabkan kebotakan permanen. Kebanyakan individu tidak menyadari perubahan ini sampai sekitar usia 20-an atau 30-an ketika gejala awal kebotakan mulai terlihat.

Baca Juga :

5 Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasinya, Rawat Rambut dan Jangan Garuk Kepala

Namun, bukan hanya faktor genetik yang menyebabkan kebotakan di usia muda. Pola hidup yang tidak sehat, seperti pola makan yang buruk, tingkat stres yang tinggi, kurangnya istirahat yang cukup, dan kebiasaan merokok, juga dapat menjadi penyebab atau faktor pemicu kebotakan pada usia muda.

Baca Juga  Ambil Peran di Film Bertema Sejarah, Amanda Manopo Rasakan Jadi Anak Anggota PKI

Selain itu, produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia keras, penggunaan gaya rambut yang merusak, serta paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat memperburuk kondisi rambut dan menyebabkan kebotakan lebih cepat.

Halaman Selanjutnya

Mencegah kebotakan di usia muda dapat melibatkan beberapa langkah pencegahan dan perawatan rambut. Ingatlah bahwa beberapa kondisi kebotakan mungkin bersifat genetik dan sulit untuk dicegah sepenuhnya, namun langkah-langkah berikut dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan mengurangi risiko kebotakan pada usia muda.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *