Kini Merapat ke Prabowo, Ini Rekam Jejak Zig-zag Raffi Ahmad di Pemilu

Artis dan pengusaha muda Raffi Ahmad pada pekan ini menyambangi bakal calon presiden dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Meski mengaku datang untuk bersilaturahmi, kunjungan suami Nagita Slavina itu diyakini adalah bentuk dukungan jelang Pemilu 2024 mendatang.

Jika Raffi Ahmad dukung Prabowo di pemilu 2024 mendatang, itu bukan hal yang aneh.  Raffi Ahmad sendiri, meski dikenal sebagai artis dan pengusaha, tidak pernah jauh dari politik.

Berikut riwayat Raffi Ahmad dalam mendukung kandidat di pemilu:

Dukung Prabowo – Hatta di 2014

Baca Juga:Raffi Ahmad Ngaku Salah Didik Rafathar Malik Ahmad: Gue Sekarang Udah Sadar…

Raffi Ahmad diketahui aktif mendukung pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa pada Pemilu 2019 lalu. Ketika itu Prabowo – Hatta bersaing melawan pasangan Jokowi – Jusuf Kalla.

Ketika itu Raffi diharapkan bisa membantu pasangan Prabowo – Hatta mendulang suara generasi muda di Pemilu 2014. 

Dalam sebuah acara di markas pemenangan Prabowo di Rumah Polonia, Jakarta, Raffi Ahmad – yang hadir bersama beberapa artis lain seperti Ahmad Dhani, Rachel Maryam dan Anang Hermansyah – bahkan diberi kesempatan untuk berpidato.

“Nah kalau Rachel Maryam mewakili ibu-ibu. Kalau saya ini kan anak muda yang dulu suka ibu-ibu. Surga ada di bawah telapak kaki ibu,” seloroh Raffi Ahmad 21 Mei 2014.

Raffi Ahmad juga mengaku tulus mendukung Prabowo – Hatta.

Baca Juga:Raffi Ahmad Kikuk Saat Ketemu Yuni Shara, Warganet: Kelihatan Masih Ada Sisa-Sisa Cinta

“Kalau Mas Dhani kan bilang Prabowo-Hatta sudah pernah ke rumahnya,” ujar dia.

Sayang ketika itu pasangan yang didukung Raffi Ahmad itu kalah dalam pemilu. 

Dukung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2017

Baca Juga  Alumni FH Unsri Bersinergi dengan Fakultas untuk Tegakkan Hukum di Indonesia

Dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017, Raffi Ahmad kembali ikut terlibat. Ia dan istrinya, Nagita Slavina secara terbuka mendukung pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Raffi mengaku mendukung Anies – Sandi, yang melawan petahanan Basuki Tjahaja Purnama dan Jarot Saiful Hidayat, karena pasangan itu diyakini lebih santun.

“Saya melihat sosok Mas Anies berwibawa, bersahaja, sopan santun,” kata Raffi Ahmad pada Januari 2017.

Nagita menambahkan, Anies dia dukung karena pengalaman sebagai tokoh pendidikan. Anies pernah menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Rektor Universitas Paramadina, dan penggerak Indonesia Mengajar.

“Jakarta harus dipimpin sama tokoh yang bisa bikin pintar banyak orang,” tegas Nagita Slavina.

Dalam Pilgub 2017, Anies dan Sandiaga keluar sebagai pemenang.

Berbalik dukung Jokowi – Ma’ruf di 2019

Di Pemilu 2019 Raffi Ahmad berputar haluan mendukung pasangan petahana Jokowi yang berpasangan dengan Ma’ruf Amin. Lawannya adalah Prabowo – Sandiaga Uno.

Prabowo adalah capres yang didukung Raffi Ahmad di 2014. Sementara Sandiaga Uno disokong Raffi Ahmad dan Nagita Slavina di Pilgub DKI Jakarta 2017.

Sama seperti di 2014, Raffi Ahmad juga turun dalam kampanye. Bedanya di 2019, ia mendorong pemilih untuk mencoblos pasangan Jokowi – Ma’ruf.

“Tanggal 17 April nanti, jangan lupa pilih 01 ya,” kata Raffi dalam kampanye di Lampung pada April 2019. Tanggal 17 April 2019 adalah hari pencoblosan dan 01 adalah nomor urut Jokowi – Ma’ruf.

“Kita pendukung 01 adalah orang baik, jadi jangan mudah diprovokasi. Ayo kita tunjukkan pada 17 April mendatang! Orang baik pilih orang baik! Saya sudah pasti pilih 01, jadi masyarakat Lampung juga pilih Pak Jokowi ya,” lanjut Raffi.

Baca Juga  Lucinta Luna Todong Deddy Corbuzier Jadi Wali Nikah, Maunya Saat Valentine di Hotel Bintang 7

Dalam pemilu 2019, Jokowi kembali terpilih sebagai presiden. Prabowo lagi-lagi kalah.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *