Makanan Pedas dan Minum Teh Manis Bisa Picu Jerawat? Dokter Ungkap Faktanya

Jumat, 28 Juli 2023 – 19:11 WIB

JAKARTA – Jerawat kerap menjadi salah satu keluhan pada kulit yang membuat banyak orang merasa tidak percaya diri. Tak sedikit sebagian orang yang mengidap permasalahan kulit ini menilai bahwa makanan dan minuman tertentu mencetuskan munculnya jerawat yang mengganggu.

Baca Juga :

Polusi Udara Bawa Dampak Buruk Buat Kulit, Gimana Atasinya?

Dokter spesialis kulit DR Dr Dhelya Widasmara SpKK (K) FINSDV, FAADV, menjelaskan bahwa asupan yang masuk ke dalam tubuh dapat memengaruhi kesehatan pada berbagai organ, termasuk kulit. Salah satunya, asupan makanan pedas yang dinilai memicu jerawat yang kemerahan. Apa kata dokter? Scroll untuk mengetahui jawabannya.

“Kalau jerawat itu sebenarnya (disebabkan) lebih ke makanan manis dan mengandung susu atau olahan susu,” kata Wakil Ketua Bidang Media Sosial dan Edukasi Masyarakat PB IDI dalam webinar bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Jumat 28 Juli 2023.

Baca Juga :

11 Penyebab Jerawat yang Jarang Diketahui

Menurutnya, makanan dan minuman manis mengandung gula tinggi menjadi penyebab jerawat kerap muncul. Namun, makanan pedas sendiri sebenarnya dapat menyebabkan kasus serupa jerawat atau dikenal dengan nama Rocasea. 

Baca Juga :

Cegah Stunting, Emak-emak di Wonogiri Dilatih Buat Makanan Bergizi untuk Anaknya

“Jerawat atau rocasea seperti acne itu tidak boleh makan pedas dan kena panas,” jelasnya.

Rocasea ini adalah suatu kondisi yang menyebabkan benjolan kemerahan dan biasanya kecil, merah, dan berisi nanah di wajah sehingga sering dianggap sebagai jerawat. Dokter Lala tak menepis bila masalah kulit dengan kombinasi jerawat dan rocasea dapat muncul apabila gemar mengonsumsi dua jenis sajian yang disebutkan tadi.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *