Mengungkap Jejak Sejarah Denim, dari Pekerjaan Berat hingga Mode Global

Rabu, 9 Agustus 2023 – 23:28 WIB

VIVA Lifestyle – Denim adalah salah satu jenis kain yang paling dikenal di seluruh dunia. Dikenal karena ketahanannya yang luar biasa dan gaya kasual yang ikonik, denim telah menjadi bagian penting dari budaya dan mode.

Baca Juga :

USS Downtown Market Kembali Gemparkan Surabaya

Namun, sedikit yang tahu bahwa sejarah denim memiliki akar yang kuat dalam industri pekerjaan dan perjuangan sosial. Mari kita melacak jejak sejarah denim dari awalnya hingga menjadi simbol mode global yang kita kenal hari ini, dihimpun dari berbagai sumber.

1. Asal Usul Nama Denim

Baca Juga :

Ciptakan Busana Ramah Lingkungan, Marcella Zalianty Didukung Selebgram Rininta Christabella

Kata “denim” berasal dari bahasa Prancis “serge de Nîmes”, yang berarti kain dari kota Nîmes di Prancis. Pada abad ke-17, kain ini menjadi terkenal karena ketahanan dan keawetan seratnya. Kain ini pertama kali digunakan untuk pakaian pekerja, terutama oleh pelaut dan petani, karena daya tahannya terhadap aktivitas keras dan cuaca ekstrem.

Baca Juga :

Jelang Akhir Pekan, 5 Padu Padan Gaya Pria Cocok di Semua Acara

2. Levi Strauss dan Jeans

Pada pertengahan abad ke-19, seorang imigran Jerman bernama Levi Strauss pindah ke Amerika Serikat untuk menjalankan bisnis keluarganya yang bergerak dalam perdagangan kain. Dia bermitra dengan seorang penjahit bernama Jacob Davis untuk memperkenalkan penguat logam pada titik-titik stres pada pakaian pekerja, seperti kantong.

Halaman Selanjutnya

Ini membuat pakaian lebih tahan lama. Jeans pertama kali diciptakan melalui inovasi ini dan mendapatkan popularitas cepat di kalangan pekerja keras seperti penambang dan peternak.

img_title



Quoted From Many Source

Baca Juga  Polisi Jaga Titik Perbatasan Jakarta Antisipasi Konvoi Malam Tahun Baru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *