Mulai Habib Rizieq, SBY, Ulama, dan Umat Sepakat Dukung Pasangan Anies Baswedan-Gatot Nurmantyo?

Informasi salah tentang adanya deklarasi bagi pasangan ini.

Telah beredar kabar misinformasi mengenai dukungan kepada pasangan Anies Baswedan dan Gatot Nurmantyo yang diberikan Habib Rizieq, mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono, ulama, serta umat.

Kabar ini disebarkan di kanal YouTube oleh akun bernama Rahasia Politik dalam bentuk unggahan video berjudul “USAI SHALAT JUMAT HABIB RIZIEQ, SBY, ULAMA & UMAT DEKLARASIKAN ANIES & GATOT JD CAPRES & CAWAPRES!”

Narasinya berupa klaim yang menyebutkan bahwa Habib Rizieq Shihab, Susilo Bambang Yudhoyono, para ulama, dan umat mendeklarasikan Anies Baswedan dan Gatot Nurmantyo sebagai calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024.

Baca Juga:Tretan Muslim-Coki Pardede Absen di Standup Fest 2023, Disentil Adjis Doaibu: Bilangnya Syuting, Taunya Vaping

Benarkah informasi yang diberitakan video ini?

CEK FAKTA

Tidak ada informasi mengenai deklarasi Anies Baswedan dan Gatot Nurmantyo sebagai capres dan cawapres oleh Habib Rizieq, SBY, ulama, dan umat. Unggahan ini salah atau tidak benar.

PENJELASAN

Turnbackhoax.id melakukan penelusuran dan hasilnya tidak ditemukan informasi mengenai klaim yang tertera pada video. 

Baca Juga:Unjuk Rasa Lebih dari 11 Jam, Sebagian Massa Aksi Buruh Membubarkan Diri

Narasi yang dibacakan dalam video identik dengan artikel yang diunggah Tribun News Depok dengan judul “Kuasa Hukum Ungkap Arah Politik Habib Rizieq Dalam Pilpres 2024, Pilih Anies-Tak Lagi Dukung Prabowo.”

Dalam artikel yang diunggah pada 25 Juli 2023 itu, kuasa hukum Habib Rizieq Shibab, Aziz Yanuar mengungkapkan arah politik kliennya dalam Pemilu 2024.

Yaitu tidak lagi sama dengan Pemilu 2019. Hal itu dikarenakan Prabowo Subianto yang bergabung dengan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Pilihan itu menjadi catatan tersendiri bagi Rizieq.

Baca Juga  BPSMP Sangiran Identifikasi Temuan Fosil Gading Gajah Purba Sepanjang 2 Meter

Dilansir dari CNN Indonesia, Aziz Yanuar menegaskan bahwa Rizieq sampai saat ini belum memutuskan sikap politiknya dalam momentum Pilpres 2024. Rizieq masih mengikuti perkembangan politik terkini sebelum memutuskan untuk mendukung salah satu sosok.

Selain itu, hingga saat ini belum ada konfirmasi resmi mengenai deklarasi Gatot Nurmantyo sebagai cawapres yang akan mendampingi Anies Baswedan pada Pemilu 2024.

Sehingga, video berjudul “USAI SHALAT JUMAT HABIB RIZIEQ, SBY, ULAMA & UMAT DEKLARASIKAN ANIES & GATOT JD CAPRES & CAWAPRES!” memiliki konten yang dimanipulasi atau manipulated content.

Catatan Redaksi:

Artikel ini bagian dari konten Cek Fakta Metro Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Metro Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *