Pakai Sunscreen Perhatikan SPF dan PA, Ternyata Fungsinya Beda Lho!

Sabtu, 17 Juni 2023 – 16:50 WIB

JAKARTA – Sinar matahari dapat menimbulkan dampak buruk bagi kulit, seperti flek hitam, kulit terbakar atau sunburn, mempercepat penuaan dini, bahkan bisa menyebabkan kanker kulit. 

Baca Juga :

Makanan Pedas dan Minum Teh Manis Bisa Picu Jerawat? Dokter Ungkap Faktanya

Maka dari itu, kulit harus dilindungi dengan benar, menggunakan sunscreen atau sunblock. Namun, saat memilih produk ini, hendaknya memerhatikan kandungan SPF dan PA, yang ada di dalamnya. Apa itu SPF dan PA serta apa perbedaannya? Yuk, scroll untuk mengetahui jawabannya

Ahli Kesehatan Kulit, dr Deviyane M. Almatiin, menjelaskan, SPF mampu melindungi dari paparan sinar UVB. Sedangkan PA untuk melindungi kulit dari sinar UVA. Kandungan SPF pun berbeda-beda dan fungsinya berbeda pula. 

Baca Juga :

Viral Siswi SMP Masturbasi Pakai Botol Minyak Telon, Dokter Ungkap Dampak dan Bahayanya

“Makin ke sini makin banyak sunscreen yang menggunakan SPF-nya bisa sampe 30, 50. Bahkan, kalau untuk handbody ada yang sampai 100, 145, 170. Nah, itu bedanya kalo SPF-nya semakin besar angkanya, semakin lama dia memproteksi,” ungkap dr. Deviyane saat Media Gathering mengenal lebih dekat produk MS Glow Sun Glow & Sun White di kawasan Jakarta Selatan, baru-baru ini. 

Baca Juga :

Polusi Udara Jakarta Sangat Buruk Jadi Biang Kerok Penuaan Dini Hingga Kanker Kulit

Namun, Deviyane menjelaskan proteksi tersebut tidak sampai berjam-jam sehingga harus diaplikasikan kembali setelah beberapa waktu. 

“Secara teoritis hasilnya itu di SPF 15, biasanya cuma 1-1,5 jam. Kalau naik 25, 30, itu cuma di 1,5-2 jam. Kalau 3 jam itu ada di SPF 50, itu yang paling aman,” jelasnya. 

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *