Perkuat Kinerja Perdagangan, Indonesia-Singapuara Bentuk Kelompok Kerja

INFO NASIONAL – Indonesia dan Singapura sepakat mengadakan pertemuan tahunan di level menteri perdagangan dan membentuk kelompok kerja. Hal itu dilakukan guna memperkuat kinerja perdagangan.

Kesepakatan ini dicapai pada pertemuan bilateral antara Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan dan Menteri Perdagangan dan Perindustrian Singapura Gan Kim Yong, Sabtu 19 Agustus 2023. Pertemuan ini berlangsung di sela Pertemuan Para Menteri Ekonomi ASEAN ke-55 dan Pertemuan Lainnya (The 55th AEM Meeting and Related Meetings) di Semarang, Jawa Tengah yang dilaksanakan 17—22 Agustus 2023.

“Saya setuju dan mendukung inisiatif dibentuknya kelompok kerja tersebut karena volume perdagangan Indonesia dengan Singapura yang cukup besar serta sebagai tetangga dekat dalam lingkup ASEAN,” kata Mendag Zulkifli Hasan. Turut mendampingi Mendag Zulkifli Hasan yaitu Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Djatmiko Bris Witjaksono; Staf Khusus Mendag, Bara Krishna Hasibuan; dan Direktur Perundingan Bilateral Johni Martha.

Pada pertemuan bilateral tersebut, kedua Menteri membahas upaya peningkatan kerja sama ekonomi digital melalui ASEAN Digital Economy Framework Agreement dan Joint Initiative on e-Commerce di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Pada Januari–Juni 2023, nilai perdagangan Indonesia dan Singapura tercatat sebesar USD 14,48 miliar. Sementara pada 2022, nilai perdagangan kedua negara tercatat sebesar USD 33,76 miliar. Nilai ini meningkat dibandingkan tahun 2021 yang tercatat sebesar USD 27,09 miliar. (*)



Quoted From Many Source

Baca Juga  Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan Alutsista di Pangkalan TNI AU Iswahjudi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *