Sering Dianggap Sama, Apa Bedanya Sunscreen dan Sunblock?

Senin, 24 Juli 2023 – 15:04 WIB

VIVA – Sunscreen dan sunblock adalah dua jenis produk yang digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Meskipun memiliki tujuan yang sama untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, rupanya keduanya memiliki perbedaan dalam cara kerja dan komposisi bahan aktif.

Baca Juga :

Perluas Penjualan Produk Lokal, Pelaku Usaha di Indramayu Diajari Digital Marketing

Seperti diketahui, paparan sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit mulai dari penuaan dini, kanker kulit, dan masalah kulit lainnya. Untuk melindungi diri dari bahaya sinar UV ini, kita kerap mengandalkan produk-produk pelindung kulit seperti sunscreen dan sunblock. Namun, tahukah kamu bahwa kedua produk ini berbeda? 

Dalam dunia perawatan kulit, “sunscreen” dan “sunblock” sering digunakan secara bergantian, tetapi sebenarnya keduanya memiliki komposisi bahan aktif yang berbeda dan bekerja dengan cara yang berbeda pula. Lantas, apa perbedaan sunscreen dan sunblock? Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

Baca Juga :

Mengenal Lotion Serum dan Manfaatnya Bagi Kecantikan Kulit

Sunscreen

Ilustrasi memakai sunscreen

Ilustrasi memakai sunscreen

Baca Juga :

Cerita Influencer Asal Bukittinggi, Pembayarannya Dibawa Kabur

  • Sunscreen bekerja dengan menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi panas yang tidak berbahaya atau melepaskan energi melalui reaksi kimia di kulit. 
  • Produk ini mengandung bahan-bahan kimia seperti avobenzone, octinoxate, octisalate, dan oksibenzon. Bahan-bahan ini membentuk lapisan pelindung pada kulit yang menyerap sinar UV dan mencegahnya merusak sel-sel kulit.
  • Sunscreen cenderung lebih transparan pada kulit dan mudah diaplikasikan. Biasanya tidak meninggalkan lapisan putih pada kulit.
  • Sunscreen perlu diaplikasikan sekitar 15-30 menit sebelum terpapar sinar matahari, sehingga bahan aktif dapat menyerap dan memberikan perlindungan.
Baca Juga  Anak Pertama Masih Belum Setahun, Penyanyi Ratu Meta Umumkan Hamil Anak Ketiga

Sunblock

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *