Wali Kota Makassar Mundur dari Ketua Kampanye Ganjar-Mahfud Wilayah Sulawesi Selatan

Selasa, 31 Oktober 2023 – 08:52 WIB

Makassar – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto akhirnya memilih mundur sebagai Ketua Tim Kampanye Daerah pasangan Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD agar tidak menjadi masalah serta taat terhadap aturan yang berlaku.

Baca Juga :

Hendak Gagalkan Pemilu, 59 Tersangka Teroris Ditangkap Densus 88 Selama Oktober 2023

“Kemungkinan ini pilihan, saya mundur jadi wali kota atau bergeser (mundur ketua) tapi tetap berperan, tapi tidak boleh jadi ketua, daripada nanti bermasalah. Kita kasih yang muda-muda,” ujar Ramdhan kepada wartawan di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin, 30 Oktober 2023.

Pomanto menyatakan, untuk mundur sebagai wali kota kemungkinan besar tidak dilakukan, mengingat wakilnya Fatmawati Rusdi Masse sudah lebih dahulu mengundurkan diri karena maju sebagai calon anggota badan legislatif (caleg).

Baca Juga :

INFOGRAFIK: Makna Makan Siang Jokowi, Prabowo, Anies dan Ganjar

Ganjar Pranowo-Mahfud MD Daftar Capres-Cawapres di KPU

Selain itu, sesuai kesepakatan, untuk posisinya nanti telah ditarik ke tingkat pusat, dan sementara posisi Ketua Kampanye Daerah (TKD) akan diserahkan kepada anak muda generasi milenial yang dinilai mumpuni.

Baca Juga :

Pengamat: Sebagai Seorang Ayah, Jokowi Akan Memberikan Dukungannya kepada Gibran

“Sudah disepakati kemarin, saya dipanggil di pusat. Kita kasih, karena ini pertandingan milenial, jadi kita kasih milenial. Tunggu tanggal mainnya (deklarasi), nanti kita umumkan resmi,” ujar wali kota dua periode itu.

Saat ditanyakan sosok seperti apa calon ketua TKD di Sulsel yang akan menjadi ujung tombak kampanye pasangan Ganjar-Mahfud, kata dia, sudah ada beberapa namun belum bisa disampaikan.

“Pokoknya milenial, ketua tim kampanye. Karena ini pertarungan milenial, kita sadar jadi kita ketuanya nanti milenial,” kata Danny di sela memantau persiapan pelaksanaan HUT Kota Makassar di Kawasan Reklamasi CPI Makassar.

Menurut dia, berdasarkan data, populasi penduduk saat ini didominasi kalangan milenial secara nasional sekitar 52 persen mulai dari generasi Z hingga milenial sehingga menjadi pangsa pasar besar dan menjadi pertarungan anak muda.

“Jadi, secara politis teman-teman pahami bahwa tim pemenangan daerah Ganjar Pranowo-Mahfud MD itu sangat legowo untuk mempersilakan generasi berpartisipasi dalam politik ini, termasuk menunjuk nanti TPD yang menggantikan saya,” ujarnya.

“Saya akan mundur dari tim TPD, tapi saya mungkin di Dewan Pakar atau Dewan Pembina. Nanti diumumkan resmi. Ini saya lagi koordinasi dengan ketua-ketua partai (koalisi),” kata Danny, yang kini menjadi kader PDIP.

Ketua Bawaslu Kota Makassar Dede Arwinsyah telah mengingatkan kepala daerah, wali kota, dan wakil wali kota agar tidak menjadi Ketua Tim Kampanye Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu Presiden 2024.

Ia menjelaskan aturan tersebut tertuang dalam pasal 64 Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu. Oleh karena itu, Bawaslu mengimbau kepada kepala daerah agar tidak menjadi bagian dari tim kampanye kandidat capres-cawapres.

Moh Ramdhan Pomanto sebelumnya didaulat sebagai Ketua Tim Pemenangan Bakal Capres Ganjar Pranowo saat rapat tertutup bersama koalisi Parpol pengusung di kediaman pribadinya di Makassar, 5 Oktober 2023.

Rapat tersebut dihadiri sejumlah pimpinan parpol daerah Sulawesi Selatan seperti dari PDIP sebagai inisiator, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). (ant)

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *