Warga Jatim Sampai Membeludak di Stadion Gelora Bung Tomo Demi Mendukung Anies Baswedan?

Informasi ini memberikan narasi bahwa Anies Baswedan banjir dukungan dari warga Jatim.

Beredar kabar bahwa Anies Baswedan mendapatkan dukungan dari Presiden Joko Widodo serta ribuan warga Jawa Timur. Mereka memenuhi Gelora Bung Tomo di Surabaya untuk mendukung Anies Baswedan.

Kemudian Presiden Joko Widodo juga mendeklarasikan dukungannya untuk Anies Baswedan.

Informasi ini disebarkan sebuah akun YouTube bernama Suara Rakyat, lewat video berjudul “GEMPARKAN NUSANTARA!! RIBUAN WARGA JATIM PENUHI GELORA BUNG TOMO KAMPANYEKAN ANIES…”.

Diunggah pada 28 Juli 2023, foto thumbnail adalah pasukan militer tengah berjabat tangan.

Benarkah pemberitaan ini?

CEK FAKTA

Kabar atau informasi yang diunggah ini tidak benar. Konten tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya.

PENJELASAN

Dikutip dari Turnbackhoax.id, setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, faktanya tidak benar.

Video menjelaskan mengenai Gatot Nurmantyo, mantan Panglima Tentaara Nasional Indonesia yang dinilai lebih kuat untuk menjadi pasangan calon presiden Anies Baswedan dibandingkan Agus Harimurti Yudhoyono.

Cuplikan video yang digunakan di dalam video di menit 4:18 adalah potongan video milik CNN Indonesia yang diunggah pada 13 April 2019.

Tidak ada sedikit pun bahasan mengenai warga Jawa Timur yang memenuhi Gelora Bung Tomo dan Presiden Joko Widodo yang mendukung Anies Baswedan.

KESIMPULAN

Video berjudul “GEMPARKAN NUSANTARA!! RIBUAN WARGA JATIM PENUHI GELORA BUNG TOMO KAMPANYEKAN ANIES…” memiliki konten yang dimanipulasi atau manipulated content.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Metro Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Metro Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

Quoted From Many Source

Baca Juga  Hasil Liga 1: Taklukan Persija Jakarta 2-0, Madura United Naik ke Puncak Klasemen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *