Wisatawan dari 10 Negara Ini Paling Doyan Plesir ke Yogya

TEMPO.CO, Yogyakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan kunjungan wisatawan mancanegara terus beranjak naik ke Yogyakarta pada tahun ini.  “Kunjungan wisatawan mancanegara ke Yogyakarta terus menunjukkan tren positif pada 2023 ini,” kata Kepala BPS DIY Herum Fajarwati, Selasa, 1 Agustus 2023.

Perbandingan Wisatawan Mancanegara pada Juni dan Mei 2023

Terakhir, sejak Februari 2023 lalu, BPS DIY mencatat, kenaikan kunjungan wisatawan mancanegara itu terus bergerak naik hingga di atas 10 ribu orang per bulannya. Seperti yang terjadi pada Juni 2023 mencatatkan kunjungan wisatawan asing ke Yogya sebanyak 11.188 orang atau naik dari Mei sebanyak 8.160 orang.

Darimana saja wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Yogya itu? BPS DIY mencatat setidaknya wisatawan dari 10 negara yang paling banyak mengunjungi Yogya dalam periode Januari hingga Juni 2023. Kesepuluh negara itu adalah Malaysia, Singapura, China, Amerika Serikat, India, Prancis, Inggris, Jerman, Jepang, dan Belanda. “Jumlah kunjungan wisatawan dari 10 negara itu 76,55 persen dari total seluruh kunjungan wisatawan manca selama Januari hingga Juni 2023,” kata dia.

Kunjungan Wisatawan dari Singapura, India, dan Inggris

Meredanya pandemi Covid-19 dan dibuka sepenuhnya akses penerbangan internasional, membuat wisatawan mancanegara terutama dari kawasan Asia berbondong-bondong menyerbu destinasi Indonesia, salah satunya Yogyakarta. Misalnya saja jumlah kunjungan wisatawan Singapura dan India yang kenaikannya di atas 100 persen. Sedangkan dari Eropa, wisatawan asal Inggris yang ke Yogyakarta naik di kisaran 53 persen tahun ini.

Iklan

“Jika dibanding periode sama Juni 2022 lalu atau saat masih masa pandemi, kunjungan wisatawan ke Yogyakarta pada Juni 2023 ini kenaikannya 30 kali lipat,” kata dia.

Kenaikan kunjungan wisatawan manca turut mendongkrak tingkat penghunian kamar atau okupansi hotel bintang di DIY. Okupansi hotel bintang di DIY pada Juni 2023 rata rata di angka 65,64 persen dan hotel non bintang sebesar 26,27 persen. Sedangkan rata-rata lama menginap tamu di hotel bintang Yogya pada Juni 2023 mencapai angka 1,59 hari dan hotel non bintang mencapai 1,13 hari.

Baca Juga  Timnas Indonesia U-23 Dapat Kabar Buruk dari Klub Jelang Piala Asia U-23 2024

Pilihan Editor: Yogyakarta Buat Paket Khusus untuk Jelajahi Kotabaru di Malam Hari



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *