YBI Memperkenalkan Batik Complongan Indramayu Melalui GBN 2023

Senin, 10 Juli 2023 – 15:15 WIB

JAKARTA – Setelah terhenti akibat pandemi COVID-19, Yayasan Batik Indonesia (YBI) kembali menggelar acara dua tahunan mereka, yaitu Gelar Batik Nusantara (GBN) 2023. Acara ini bertujuan untuk mempromosikan keindahan karya batik Indramayu dengan tema Batik, Bangkit!. GBN 2023 merupakan sebuah upaya dari YBI dalam mendukung program UNESCO dalam pengembangan budaya Indonesia.

Baca Juga :

Hadapi Gempuran Tantangan saat Ini, Industri Mamin Harus Diperkuat Teknologi

Sebagai anggota Non-Governmental Organization (NGO) yang memiliki lisensi dari UNESCO dengan nomor 90487, YBI berperan aktif dalam menjaga, melindungi, dan mengembangkan batik sebagai warisan budaya Indonesia. GBN 2023 menjadi salah satu wujud nyata dari komitmen YBI dalam mempromosikan kekayaan budaya Indonesia. Scroll lebih lanjut ya.

Pemilihan Batik Indramayu sebagai tema acara ini didasarkan pada ketertarikan YBI terhadap keunikan Batik Complongan, yang merupakan jenis batik khas Indramayu.

Baca Juga :

Nasabah PNM Berdayakan Perempuan Lewat Batik Blora

“Kami terpesona dengan keunikan batik complongan dan merasa berkewajiban untuk memperkenalkannya kepada masyarakat nasional dan internasional. Melalui GBN, kami memberikan kesempatan bagi Kabupaten Indramayu untuk mempromosikan batik complongan dan gaya batik khas lainnya,” kata Gita Pratama, Ketua Yayasan Batik Indonesia dalam keterangannya.

Baca Juga :

Indonesia SEZ Forum 2023: Pemerintah Akselerasi KEK Menjadi Sumber Pertumbuhan Baru di Daerah

“Kita memilih batik complongan selain unik cara pembuatannya, juga baru saja mendapat Indikasi Geografis dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum tahun 2023 ini,” sambungnya.

GBN 2023 akan menjadi wadah bagi pengunjung untuk berinteraksi langsung dengan perajin batik berbakat, serta mendapatkan wawasan tentang teknik-teknik rumit dan kisah di balik setiap karya batik dari seluruh Indonesia. Selain itu, pengunjung juga memiliki kesempatan untuk mendukung industri batik dalam negeri dengan melakukan pembelian langsung.

img_title



Quoted From Many Source

Baca Juga  Bidik Mahfud MD dan Khofifah jadi Cawapres Ganjar, PDIP Akui Ingin Keruk Suara Jatim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *